Tuesday, 5 February 2013

Materi BIOLOGI Kelas VII : Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan

Hai para sobat blogger ,pada kali ini saya akan menerangkan kepada sobat blogger mengenai materi BIOLOGI KelasVII tentang :

Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan

Apa sih yang dimaksud dengan Kepadatan Populasi ?? Kepadatan populasi adalah jumlah anggota populasi (penduduk) persatuan luas lahan yang ditempati dalam kurun waktu tertentu.

Berikut adalah rumus kepadatan populasi :

Kepadatan populasi = Jumlah individu sejenis
Luas Daerah

Dinamika penduduk adalah perubahan jumlah kepadatan populasi manusia

Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kepadatan populasi manusia dalam suatu negara :
  • Natalitas, kelahiran sejumlah individu, menyebabkan bertambahnya jumlah populasi
    Berikut kriteria dan rumus natalitas (kelahiran)
    • Kriteria natalitas :
      - Angka kelahiran tinggi bila natalitas lebih dari 30
      - Angka kelahiran sedang bila natalitas antara 20 sampai 30
      - Angka kelahiran rendah bila natalitas kurang dari 20
    • Berikut rumus Natalitas :
Natalitas = Jumlah bayi yang lahir hidup X 1.000
                         Jumlah populasi manusia

  • Mortalitas, kematian sejumlah individu, menyebabkan berkurangnya jumlah populasi
    Berikut kriteria dan rumus mortalitas (kematian)
    • Kriteria mortalitas :
      - Angka kematian tinggi bila mortalitas lebih dari 18
      - Angka kematian sedang bila mortalitas antara 14 sampai 18
      - Angka kematian rendah bila mortalitas antara 9 sampai 13
    • Berikut rumus Mortalitas :
        Mortalitas = Jumlah kematian X 1.000
                             Jumlah populasi manusia

  • Migrasi, perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain.
    Berdasarkan dengan prosesnya dapat dibedakan menjadi :
  1. Migrasi Internal : Migrasi dalam suatu negara
    - Transmigrasi : perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduknya ke daerah yang jarang penduduknya
    - Urbanisasi : perpindahan dari desa ke kota
    - Ruralisasi : perpindahan dari kota ke desa
  2. Migrasi Eksternal : Migrasi antar negara
    - Imigrasi : masuknya penduduk ke suatu negara lain dengan tujuan menetap.
    - Emigrasi : keluarnya penduduk dari suatu negara suatu negara lain dengan tujuan menetap.
    Perubahan kepadatan penduduk suatu negara dapat dinyatakan dengan :

P = ( L – M ) + ( I – E )

P : Pertumbuhan populasi manusia
L : Jumlah kelahiran
M : Jumlah kematian
I : Jumlah imigran
E : Jumlah emigran


Kepadatan penduduk menyatakan jumlah penduduk dalam suatu wilayah dalam kurun waktu tertentu :


Kepadatan penduduk = Jumlah Penduduk
                                    Luas Wilayah (km2)

Permasalahan yang dapat timbul dengan adanya peningkatan kepadatan penduduk :
                        1. Kurang terpenuhinya kebutuhan air bersih dan udara bersih.
        2. Terjadinya krisis bahan makanan.
        3. Berkurangnya lahan untuk tempat tinggal dan lahan pertanian.
        4. Menurunnya derajat kesehatan diri dan masyarakat.
        5. Meningkatnya penderita penyakit menular dan kronis.

Beberapa usaha yang dilakukan untuk mengatasi kepadatan populasi manusia :
    1. Mengendalikan laju pertumbuhan penduduk melalui program keluarga berencana.
    2. Meningkatkan taraf pendidikan agar masyarakat dapat mengubah sikap dan prilaku.
    3. Mengadakan penyebaran penduduk dengan program transmigrasi.
    4. Menambah lapangan kerja melalui pengembangan industri dan peningkatan ketrampilan agar mampu menciptakan lapangan kerja baru.
    5. Meningkatkan produksi pangan.


Materi ini pendek banget Sobat blogger, apa masih kurang banyak materi yang mau Sobat blogger baca
!!!???? hehehehe....becanda kok, saya sudah tau jawabannya heheheh....Ok seperti biasa kita akan mengerjakan LATIHAN selamat mengerjakan !

LATIHAN

1.Perpindahan penduduk dari kota ke desa disebut....
2.Angka kelahiran disebut juga dengan....
3.Mortalitas adalah....
4.Kepadatan populasi adalah....
5.Angka kelahiran dapat dikatakan sedang apabila Ntalitasnya berada pada angka....
6.Perpindahan dari daerah yang padat ke daerah yang jarang penduduknya disebut....

Sobat Blogger, gimana, susah gak soalnya ? Hehehe...semoga materi ini dapat bermanfaat bagi Sobat Blogger .Oh iya, kalau Sobat blogger mau cari materi lainnya silahkan cari saja di blog ini di www.kumpulanmateriipafisikamatematikasmp.com Terima Kasih telah berkunjung !

Materi BIOLOGI Kelas VII : Ekosistem

Hai para sobat blogger , maaf nih udah lama gak posting hehehe...kali ini saya akan menerangkan kepada sobat blogger mengenai materi BIOLOGI KelasVII tentang :

Ekosistem

Apa itu Ekosistem ? Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara lingkungan dan makhluk hidup
Ekosistem terbentuk dari dua komponen, yaitu komponen biotik dan abiotik

1.Individu

Sekarang, apa yang dimaksud individu ? Individu adalah satu makhluk hidup tunggal. Contohnya seekor rubah,seekor lebah,dan lain-lain

2.Populasi

Populasi adalah sejumlah individu dari satu jenis tertentu yang berada dalam suatu jenis tertentu yang berada dalam suatu tempat tertentu dan dapat saling menghasilkan keturunan. Misalnya dalam suatu kebun ada lebih dari satu pohon durian maka disebut populasi pohon durian, dalam suatu perternakan ada beberapa ekor sapi maka disebut dengan populasi sapi.

3.Komunitas

Komunitas adalah seluruh populasi yang hidup bersama dan menempati suatu lingkungan tertentu. Misalnya dalam suatu kebun terdapat populasi serangga,populasi rumput,populasi cacing,populasi pohon durian. Maka semua populasi yang terdapat dalam suatu kebun tersebut dinamakan Komunitas.

4.Biosfer

Biosfer adalah keseluruhan ekosistem yang ada di bumi (darat,air, dan udara)

Berikut merupakan organisasi penyusun ekosistem (dari yang paling sederhana samapai yang paling sempurna) :

Individu – Populasi – Komunitas – Ekosistem – Biosfer

Komponen Penyusun Ekosistem

Seperti yang tadi sudah dijelaskan bahwa komponen penyusun ekosistem terdiri dari komponen biotik dan komponen abiotik. Berdasarkan fungsinya, komponen biotik dibedakan menjadi :
  • Produsen (Penghasil)
    Semua tumbuh-tumbuhan disebut sebagai produsen. Tumbuhan hijau dapat membuat/memasak makanannya sendiri melalui proses fotosintesis makan disebut sebagai organisme autotrof (dapat menyusun makanannya sendiri), sedangkan organisme yang tidak dapat menyusun makanannya sendiri disebut organisme heterotrof..
  • Konsumer (Pemakai)
    Konsumer adalah makhluk hidup yang tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri (heterotrof). Misalnya hewan herbivor (pemakan tumbuhan), hewan karnivor (pemakan daging), dan omnivor (pemakan daging dan tumbuhan). Hewan herbivor disebut sebagai konsumer tingkat pertama ; hewan karnivor konsumer tingkat kedua ; makhluk hidup yang memakan konsumer tingkat dua disebut konsumer tingkat tiga.
  • Dekomposer (Pengurai)
    Contoh organisme pengurai adalah bakteri , jamur saprofit , cacing tanah , rayap , Echinodermata. Cacing tanah dan rayap merupakan detrivor (organisme yang memakan remah-remah dan mengubah zat organik bermolekul besar menjadi zat organik bermolekul kecil atau zat anorganik).

Komponen abiotik adalah komponen ekosistem yang terdiri atas benda mati dan mempengaruhi kehidupan makhluk hidup.

Komponen Abiotik meliputi :
  • Tanah
    Kesuburan tanah menentukan jenis tumbuhan yang tumbuh di atasnya dan mempengaruhi jenis hewan yang ada di daerah tersebut. Peranan tanah dalam ekosistem adalah sebagai tempat melangsungkan kehidupan makhluk hidup, sumber zat hara dan air bagi tumbuhan, tempat pengurai zat organik dari sisa makhluk hidup yang sudah mati menjadi unsur hara.
  • Air
    Semua makhluk hidup membutuhkan air. Dalam ekosistem perairan, air berfungsi sebagai tempat hidup. Bagi tumbuhan hijau, air adalah bahan utama untuk proses fotosistesis.
  • Udara
    Tumbuhan memerlukan CO2 untuk fotosistesis, makhluk hidup memerlukan O2 untuk bernapas.
  • Cahaya Matahari
    Cahaya matahari diperlukan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis, hasil tersebut kemudian dikonsumsi oleh manusia dan hewan sebagai sumber makanan. Tumbuhan dan hewan sangat memerlukan cahaya matahari. Semakin tinggi intensitas cahaya matahari maka suatu lingkungan makin tinggi.
  • Iklim
    Iklim merupakan gabungan antara suhu , kelembapan , cahaya matahari , curah hujan.

Rantai makanan,jaring-jaring makanan, piramida makanan, dan aliran energi
  1. Rantai makanan merupakan peristiwa makan dan dimakan dengan urutan dan arah tertentu. Misalnya padi dimakan oleh tikus, tikus dimakan oleh ular , dan ular dimakan oleh elang.
  2. Jaring-jaring makanan adalah sekumpulan rantai makananyang saling berhubungan.
  3. Pada proses rantai makanan (peristiwa makan dan minum) terjadi perpindahan makanan dalam bentuk energi.
  4. Dalam tiap tingkatan rantai makanan,produsen,konsumer I,konsumer II,sampai konsumer puncak mempunyai perbandingan jumlah makanan yang berbeda. Oleh karena terjadi perpindahan energi dari produser sampai konsumer puncak maka terjadi pengurangan makanan menunjukan makanan dan energi dari produser. Ini mengindikasikan perolehan energi lebih banyak pada konsumer tingkat I.

Piramida makanan menunjukan perbandingan jumlah produsen,konsumer I,sampai konsumer puncak suatu ekosistem

Aliran energi adalah perpindahan energi dari produser ke konsumer.

Materi ini gak terlalu panjang kok,lumayan lah...sedikit ngurangin beban...hehehhe jadi curhat nih. Ok seperti biasa kita akan mengerjakan LATIHAN selamat mengerjakan !

LATIHAN

1.Ekosistem adalah....
2.Sekelompok ikan,katak,dan tumbuhan airyang hidup menempati danau disebut sebagai....
3.Pada rantai makanan posisi konsumen tingkat VI diisi oleh
4.Biosfer adalah....
5.Komunitas adalah.....
6.Rantai makanan adalah...

Sobat Blogger, gimana, susah gak soalnya ? Hehehe...semoga materi ini dapat bermanfaat bagi Sobat Blogger .Oh iya, kalau Sobat blogger mau cari materi lainnya silahkan cari saja di blog ini di www.kumpulanmateriipafisikamatematikasmp.com Terima Kasih telah berkunjung !

Wednesday, 9 January 2013

Materi BIOLOGI Kelas VII : Organisme kehidupan

Ringkasan Materi Untuk Kelas VII

Hai para sobat blogger , Disini saya akan menerangkan kepada sobat blogger mengenai materi BIOLOGI KelasVII tentang :

Organisme Kehidupan

Sobat blogger, udah pernah denger kata Sel belum ? Hehehe.... baik-baik,saya jelaskan ya, Sel adalah unit terkecil dari kehidupan. Pertama kali, sel ditemukan oleh Robert Hooke pada tahun 1835-1903 dengan menggunakan mikroskop.


 Berikut merupakan teori-teori sel :

  1. Johanes Purkinye (1787-1809)
    Cairan di dalam sel yang merupakan bahan emriosional di dalam telur disebut protoplasma
  2. Robert Brown (1813)
    Inti sel (Nukleus) sebagai struktur penting dari sel hidup
  3. Rudolf Virchow (1858)
    Sel merupakan kesatuan pertumbuhan makhluk hidup dan semua sek berasal dari sel juga
  4. Felix Dujardin
    Bagian sel terpenting adalah cairan di dalam sel
  5. Max Schultze (1825-1874)
    Sel adalah massa protoplasma yang mengandung nukleus, sel merupakan kesatuan fungsional kehidupan

Sel tersusun atas membran sel,sitoplasma,dan organel-organel (Mitokondria,retikulum endoplasma,ribosom,kompleks Golgi,lisosom,plastida,vakuola,mikrofilamin,dan mikrotubuli)

Sel

Berdasarkan jumlah sel penyusunnya, makhluk hidup dibedakan menjadi :
  • Makhluk hidup bersel satu (Organisme uniseluler)
  • Makhluk hidup bersel banyak (Organisme multiseluler)

Berdasarkan ada tidaknya mebran inti, makhluk hidup dibedakan menjadi :
  • Makhluk hidup yang memiliki membran inti (Eukariot)
  • Makhluk hidup yang tidak memiliki membran inti (Prokariot)

Organisme multiseluler memiliki sel-sel yang membentuk organisasi kehidupan dengan urutan dari bagian terkecil sebagai berikut :

Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Organisme

Sekelompok sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama membentuk Jaringan, sedangkan berbagai jaringan yang bersama-sama melakukan tugas tertentu membentuk Organ. Organ-organ yang memiliki tugas yang sama membentuk sistem organ sehingga dari kumpulan organ terbentuklah Organisme.

Sobat blogger,berikut adalah bagian-bagian dari Sel :


No.
Bagian sel
Keterangan
1.


2.



3.


4.

5.



6.

7.


8.

9.

10.

11.
Membran sel


Sitoplasma (Cairan sel)



Inti sel (Nukleus)


Nukleous

Kromosom



Badan Golgi

Plastida atau kloroplas (pada tumbuhan)

Lisosom (pada hewan)

Ribosom

Vakuola

Dinding sel (pada tumbuhan)
Bagian terluar protplasma yang mengatur transportasi zat keluar-masuk sel.

Terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian dalam (Endoplasma) yang terlihat lebih keruh dan bagian luar (Ektoplasma) yang tampak lebih bening.

Tersusun dari 90% air, mengandung lemak,protein,vitamin dan mineral.

Pengatur seluruh kegiatan sel

Merupakan anak inti sel yang berfungsi untuk menyintesis materi genetika. Kromosom mengandung Gen yang membawa sifat menurun (Terdapat dalam inti sel).

Mengeluarkan zat dari dalam sel (Ekskresi)

Berguna untuk fotosintesis


Menghasilkan enzim pencernaan

Berguna untuk menyintesis protein

Berisi cadangan makanan

Lapisan pelindung yang ada di bagian luar membran sel


.

Pada tabel di bawah ini terdapat Perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan

No.
Sel Hewan
Sel Tumbuhan
1


2.



3.


4.


5.



Tidak memiliki dinding sel, sel bersifat elastis

Mempunyai sentriol untuk mengumpulkan kromosom saat pembelahan sel

Vakuola banyak dan berukuran kecil

Tidak mempunyai kloroplas


Cadangan makanan berupa lemak (glikogen)




Memiliki dinding sel tersusun atas selulosa dan pektin, sel bersifat kaku

Tidak mempunyai sentriol



Vakuola sedikit dan berukuran besar


Mempunyai kloroplas yang berguna untuk fotosintesis

Cadangan makanan berupa pati (amilum)










Sobat blogger sekarang kita akan belajar tentang jaringan,organ, dan sistem organ.Apa itu jaringan ? Jaringan adalah sekelompok sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.

Macam-macam jaringan hewan :
  • Jaringan epitelium, untuk melindungi jaringan di bawahnya
  • Jaringan meristematik, untuk menghasilkan sel dan jaringan baru
  • Jaringan saraf, untuk menghantarkan rangsang
  • Jaringan lemak, sebagai bantalan lemak
  • Jaringan peyokong, untuk menegakan tubuh
  • Jaringan penggerak, untuk alat gerak tubuh
Macam-macam jaringan tumbuhan :
  • Jaringan epidermis, untuk melindungi sel-sel tumbuhan
  • Jaringan meristem, untuk melakukan pembelahan sel tubuh
  • Jaringan pembuluh, xilem untuk mengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun dan floem untuk mengangkut makanan ke seluruh tubuh
  • Jaringan parenkim, untuk tempat penyimpanan makanan
  • Jaringan kolenkim, untuk penguat pada tumbuhan yang masih muda
  • Jaringan sklerenkim, untuk penutup luar yang keras pada biji dan buah
  • Jaringan perider (jaringan gabus), untuk pelindung tumbuhan (tersusun dari sel yang telah mati)
  • Jaringan bunga karang, tempat berlangsungnya pertukaran gas
  • Jaringan kambium, untuk membentuk xilem dan floem

Selanjutnya adalah organ.Organ adalah kumpulan beberapa jaringan yang melakukan fungsi tertentu. Organ pada tumbuhan dan pada hewan berbeda mari kita lihat.

Beberapa organ pada tumbuhan :
  • Akar, sebagai penopang tumbuhan dan menyerap makanan dari dalam tanah.
  • Batang, untuk menegakan tumbuhan dan menghantarkan air dan mineral dari akar ke daun, menghantarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan
  • Daun, untuk fotosintesis dan penguapan air

Beberapa organ pada hewan/manusia :
  • Jantung, untuk memompa darah
  • Mata, untuk melihat
  • Telinga, untuk mendengar'
  • Tangan dan kaki, untuk bergerak
  • Ginjal, untuk mengeluarkan sisa metabolisme

Lanjut ke sistem organ. Sistem organ adalah kumpulan organ (membentuk kesatuan) untuk melaksanakan fungsi-fungsi tubuh.

Berikut, tabel sistem organ pada hewan

No. Sistem organ Organ penyusun Fungsi
1






2








3






4


5






6




7
Pencernaan






Transportasi








Pernapasan






Gerak


Saraf






Ekskresi




Reproduksi
Mulut,kerongkongan,lambung,usus,pankreas





Pembuluh darah dan jantung







Hidung,tenggorokan,cabang tenggorokan,paru-paru



 Sendi,tulang,dan otot


Otak,sumsum tulang belakang,serabut saraf,simpul saraf



Hati,paru-paru,ginjal




Testis,ovarium,uterus






Mencerna makanan sehingga dapat dipakai oleh tubuh




Mengedarkan darah ke seluruh tubuh,menyalurkan zat sisa, dan mengangkut zat yang dibutuhkan oleh tubuh


Menyuplai oksigen dan membuang gas karbondioksida


Menggerakan tubuh


Menerima rangsang, dengan melakukan respon atas rangsangan dari luar


Mengeluarkan zat sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh


Melakukan perkembangbiakan

Berikut sistem organ pada tumbuhan

No. Sistem organ Organ penyusun Fungsi
1




2




3


4
Pernapasan




Transportasi




Gerak


Transpirasi
Stomata,lentisel,akar




Daun,batang,akar




Akar,batang,daun


Stomata
Tempat masuk oksigen dan tempat keluar karbondioksida


Mengedarkan zat makanan dan air ke seluruh tubuh


Merespon rangsangan dari luar


Mengeluarkan uap air




Menurut saya materi ini lumayan seru, gimana menurut sobat blogger ?? seperti biasa kita akan mengerjakan LATIHAN,Selamat mengerjakan !

LATIHAN

1.Bagian terluar pada sel hewan adalah....
2.Bagian terluar pada sel tumbuhan adalah....
3.Jaringan yang melindungi sel-sel pada tumbuhan adalah jaringan...
4.Sel adalah...
5.Pembuluh darah dan jantung termasuk sistem organ...
6.Nama lain dari Inti sel adalah....

Sobat Blogger, gimana, susah gak soalnya ? Hehehe...semoga materi ini dapat bermanfaat bagi Sobat Blogger .Oh iya, kalau Sobat blogger mau cari materi lainnya silahkan cari saja di blog ini di www.kumpulanmateriipafisikamatematikasmp.com Terima Kasih telah berkunjung !

Tuesday, 8 January 2013

Materi BIOLOGI Kelas VII : Klasifikasi makhluk hidup (Klasifikasi Hewan)

Ringkasan Materi Untuk Kelas VII

Hai para sobat blogger ,Sekarang saya akan melanjutkan materi tentang Klasifikasi makhluk hidup bagian klasifikasi hewan, Selamat belajar !

Klasifikasi Hewan

Pada dunia hewan pengelompokan berdasarkan ada tidak adanya tulang belakang (Vertebrae),yaitu hewan bertulang belakang (Vertebrata) dan hewan tidak bertulang belakang (Avertebrata)

a. Bertulang belakang (Vertebrata)
Memiliki ciri-ciri :
    • Mempunyai simetri tubuh bilateral
    • Jantung sebagai pusat peredaran darah
    • Mempunyai rangka dalam tubuh
    • Mempunyai ruas-ruas tulang belakang]
    • Mempunyai saraf pusat

Hewan bertulang belakang digolongkan menjadi Ikan (Pisces), Hewan dua alam (Amfibi), Hewan melata (Reptil), Burung (Aves), dan Hewan menyusui (Mamalia) berikut penjelasan lebih lengkapnya :

  • Ikan (Pisces)




    - Hidup di air
    - Bernafas dengan insang
    - Alat gerak berupa sirip
    - Berkembang biak dengan cara bertelur
    - Mempunyai gurat sisik untuk mengetahui perubahan tekanan air

  • Hewan dua alam (Amfibi)


     Contoh Amfibi

    - Mempunyai dua habitat yaitu darat dan air
    - Hewan berdarah dingin (poikilotrem)
    - Bernafas dengan paru-paru dan kulit
    - Reproduksi dengan cara kawin, fertilisasi eksternal, ovipar dan mengalami metamorfosis

  • Hewan melata (Reptil)

     Contoh Reptil
    - Habitatnya yaitu di darat, air tawar, dan laut
    - Kulit bersisik
    - Beberapa jenis dapat berubah warna sesuai lingkungannya
    - Bernafas dengan menggunakan paru-paru
    - Hewan berdarah dingin (poikilotrem)

  • Burung (Aves)

     Contoh Aves
    - Tubuh tertutup bulu
    - Hewan berdarah panas (homoiterm)
    - Bernafas dengan paru-paru dan dilengkapi dengan pundi-pundi udara
    - Bereproduksi secara kawin, ovipar dan fertilisasi internal
    - Alat gerak berupa kaki dan sayap

  • Hewan menyusui (Mamalia)

    Contoh Mamalia
    - Habitatnya darat dan air
    - Bereproduksi secara kawin, vivipar dan fertilisasi internal
    - Mempunyai kelenjar susu di dada dan perut
    - Bernafas dengan paru-paru
    - Hewan berdarah panas
    - Mempunyai diafragma atau sekat rongga dada yang memisahkan rongga perut dengan rongga dada

b. Hewan tak bertulang belakang (Avertebrata)
  • Hewan bersel satu (Protozoa)

    Contoh Protozoa
    - Bersifat mikrokopis
    - Habitatnya di air dan tanah lembab
  • Hewan berpori (Porifera)

    Contoh Porifera

    - Hewan bersel banyak yang paling sederhana
    - Belum mempunyai alat indera dan alat percernaan makanan
    - Bereproduksi secara generatif dan vegetatif
  • Hewan berongga (Coelentara)

    Contoh Coelentara
    - Habitatnya di air laut dan air tawar
    - Bereproduksi dengan tunas dan generatif dengan peleburan sperma dan sel telur
  • Cacing (Vermes)

    Contoh Vermes
    - Tidak berangka
    - Habitatnya di tanah, air tawar, laut dan parasit di tubuh hewan dan manusia
  • Hewan berkulit duri (Echinodermata)

    Contoh Echinodermata
    - Permukaan tubuh diliputi duri zat kapur
    - Tidak berkepala
    - Alat gerak berupa kaki amburakal
    - Reproduksi dengan fertilisasi eksternal
  • Hewan Lunak (Mollusca)

    Contoh Mollusca
    - Tubuh tidak beruas dan dilindungi oleh cangkang keras dan zat kapur
    - Tubuh lunak, licin dan berlendir
  • Hewan berbuku-buku (Arthropoda)

    Contoh Arthropoda
    - Tubuh berbuku-buku/Beruas-ruas
    - Mempunyai rangka luar yang keras dari zat kitin
    - Peredaran darah terbuka

Sobat blogger, saya akui materi ini memang cukup panjang...dan melelahkan, tapi Sobat blogger masih semangat kan?? :phew akhirnya kita sudah menyelesaikan materi ini sekarang waktunya tes !

LATIHAN

1.Katak dewasa berespirasi dengan menggunakan....
2.Nama lain dari hewan bertulang belakang adalah......
3.Katak adalah salah satu hewan yang termasuk hewan....
4.Cara berkembang biak Hewan Porifera adalah.....
5.Kingdom – Filum – Kelas – Ordo – Famili – Genus – Spesies Merupakan Klasifikasi pada.....
6.Lumut yang berbentuk seperti lembaran daun dan bagian tepinya bercabang adalah lumut....

Sobat Blogger, gimana, susah gak soalnya ? Hehehe...semoga materi ini dapat bermanfaat bagi Sobat Blogger .Oh iya, kalau Sobat blogger mau cari materi lainnya silahkan cari saja di blog ini di www.kumpulanmateriipafisikamatematikasmp.com Terimakasih telah berkunjung !