Ramdhany Pratama. Powered by Blogger.
RSS

MATERI BIOLOGI KELAS IX : SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA


BIOLOGI KELAS IX : SISTEM EKSRESI PADA MANUSIA

Assalammua’laikum Wr. Wb

Hai Sobat blogger…apa kabar ? hehehe saya udah lama gak posting posting…..sudah sekitar mungkin satu tahun (O_o) tapi sekarang saya kembali untuk memberikan materi-materi untuk sobat blogger (>_<)…Kali ini saya akan membahas mengenai materi kelas IX yakni “SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA” Silahkan dibaca…

SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA


Ada yang tau gak apa sih system ekskresi itu >.< ? Sebelumnya saya jelaskan dulu yah tentang Metabolisme.Metabolisme merupaka suatu proses pembentukan dan penguraian zat yang terjadi di dalam tubuh manusia yang memungkinkan berlangsungnya aktifitas hidup.Zat-zat sisa metabolisme ini lalu dikeluarkan dari dalam tubuh melalui Sistem ekskresi. Sistem Ekskresi adalah sistem pengeluaran sisa-sisa metabolisme dalam tubuh (contohnya : keringat yang dikeluarkan melalui kulit).Alat Ekskresi pada manusia terdiri atas paru-paru,hati,kulit,dan ginjal,seperti yang dapat dilihat pada gambar diatas.
Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai organ-organ Ekskresi

A.GINJAL

 
Manusia memiliki 2 buah Ginjal (Renal) yang letaknya di dalam rongga perut bagian belakang.Ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring darah dan juga menghasilkan urin.Zat-zat yang disaring didalam ginjal diantaranya adalah air,garam,ammonia,dan urea.Ginjal memiliki bentuk yang mirip dengan biji kacang merah.Bagian terkecil dalam ginjal yakni nefron (alat penyaring).Salah satu fungsi ginjal yakni adalah sebagai pembentuk/penghasil urin.Berikut merupakan beberapa tahapan dalam proses pembentukan urin :
1.Filtrasi (Penyaringan),di dalam glomerulus darah disaring dan akhirnya terbentuk urin primer.Urin ini masih mengandung zat-zat yang masih berguna bagi tubuh seperti glukosa,air,garam,dan asam amino.
2.Reabsorbsi (Penyerapan kembali),zat-zat yang masih berguna bagi tubuh akan diserap kembali di tubulus kontortus proximal hingga terbentuklah urin sekunder.
3.Augmentasi (Penambahan zat),urin sekunder tersebut kemudian ditambahkan zat-zat yang sudah tidak bermanfaat lagi bagi tubuh sehingga akhirnya terbentuklah urin sejati.Kemudian Urin sejati akan dialirkan ke tubulus pengumpul (Pelvis) yang selanjutnya akan dialirkan ke kandung kemih (Vesica urinaria) dan dikeluarkan melalui uretra.Proses Augmentasi berlangsung pada bagian tubulus kontortus distal.
Ginjal dapat mengalami beberapa gangguan dan kelainan sebagai berikut :
-Uremia : tertimbunnya urea dalam darah sehingga mengakibatkan keracunan.
-Albuminuria : urin mengandung albumin karena adanya kerusakan glomerulus kapsula bowman sehingga proses filtrasi tidak berjalan dengan sempurna.
-Nefritis : gangguan pada ginjal dikarenakan infeksi bakteri senhingga darah masuk ke dalam urin.

B.KULIT


Kulit (Integumen) merupakan lapisan terluar dari permukaan tubuh.Kulit merupakan salah satu alat indra yang berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh,dan juga alat pengeluaran.Kulit mengeluarkan sisa metabolisme yang berupa keringat.Zat-zat yang dikeluarkan bersamaan dengan keringat yakni air,garam,dan urea.Kulit juga memiliki fungsi sebagai perlindugan terhadap gesekan,kuman,sinar matahari,suhu,serta bahan-bahan kimia.Kulit terbagi atas beberapa bagian yakni epidermis,dermis,dan hypodermis.

C.PARU-PARU


Paru-paru (Pulmo) berfungsi untuk melakukan Respirasi (Pernapasan).Udara masuk ke dala tubuh manusia melalui sistem pernapasan.Saluran pernapasan manusia terdiri atas hidung,faring,laring,trakea,bronkus, dan paru-paru.Paru-paru juga berperan sebagai alat ekskresi karena hasil respirasi yang dihasilkan yakni berupa CO2 dan uap air.Beberapa penyakit pada paru-paru yakni pleuritis,emfisema,dan kanker paru-paru.

D.HATI


Hati (Hepar) yakni organ yang terletak di didalam rongga perut sebelah kanan.Di dalam hati terjadi proses perombakan protein.Dalam proses tersebut,dihasilkan urea.Selain urea,hati juga menghasilkan empedu dan bilirubin.Bilirubin berfungsi sebagai zat pemberi warna pada urin dan feses,yaitu berwarna kuning-coklat.Jika saluran empedu tersumbat,maka cairan empedu alan masuk kedalam aliran darah sehingga darah dapat berubah warna menjadi kekuningan dan ini tampak pada kuku dan juga bola mata (Atau yang biasa disebut dengan penyakit kuning).Penyakit-penyakit pada hati yakni sirosis hati dan hepatitis.
Sekian materi yang dapat saya sampaikan ^_^. Gimana ? Susah gk ? hehehe tenang aja materi ini gk terlalu rumit kok (*O*) yang penting terus latihan dan juga banyak membaca terus jangan bengong aja kalo ada yang gk ngerti langsung aja tanyakan pada guru kalian masing2 ;D,terimakasih atas kunjungannya semoga materi ini dapat berguna buat sahabat2 blogger >.<.Oh iya,jangan lupa kunjungi blog ini terus…kalo mau nyari materi2,Wassalammu’alaikum WR WB

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS